Gaya Hidup

Catat, Enam Makanan Ini Justru Berbahaya Jika Dipanaskan Secara Berulang

Jumat, 02 April 2021 - 03:53
Catat, Enam Makanan Ini Justru Berbahaya Jika Dipanaskan Secara Berulang Ilustrasi Makanan yang dipanaskan secara berulang-ulang. (Foto: Pinterest)

TIMES PATI, JAKARTA – Memanaskan makanan selain menghemat waktu dan praktis dilakukan. Kebiasaan menghangatkan makanan ini mungkin sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Hal tersebut nyatanya selain membuat makanannya akan tetap hangat juga bisa menghemat pengeluaran.

Namun, siapa sangka jika ada beberapa makanan yang justru berbahaya jika kamu memanaskannya kembali saat akan dikonsumsi. Oleh karenya, kamu pun harus mengetahui makanan apa saja yang masuk kategori ini.

Langsung saja simak enam makanan yang tidak baik jika dipanaskan secara berulang:

1. SANTAN

Santan mengandung lemak yang baik untuk tubuh, tetapi jika dipanaskan secara berulang maka zat tersebut menjadi zat yang mampu meningkatkan kadar kolesterol di tubuh dan menyebabkan kegemukan atau obesitas.

2. NASI

Makanan pokok ini jika dibiarkan terlalu lama dan tidak disimpan dengan baik akan muncul bakteri beracun, Bacilus Cereus yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun di dalam makanan yang terkontaminasi.

3. DAGING OLAHAN

Olahan daging ini yang dimaksud seperti sosis karena mengandung bahan pengawet agar bertahan lama. Memanaskannya kembali akan memperburuk kesehatan,karena akan terjadi perubahan kimiawi saat proses pemanasan ulang.

4. BAYAM

Sayuran ini mengandung nitrat cukup tinggi, sehingga jika makanan ini dipanaskan berkali-kali akan sangat buruk untuk kesehatan tubuh. Karena jika zat ini dipanaskan senyawa nitrat yang ada pada bayam berubah menjadi senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

5. KENTANG

Menurut ahli kesehatan, jika sayur ini dipanaskan berulang-ulang maka akan menyebabkan timbulnya bakteri langka yang dapat menganggu kesehatan tubuh. Porsi menyantap kentang disarankan untuk satu porsi untuk satu kali makan.

6. JAMUR

Jamur adalah salah satu sayur yang rasanya paling lezat di antara sayuran lain. Namun jika olahan tersebut dipanaskan berulang-ulang dapat mengubah komponen protein di dalam jamur menjadi kurang sehat untuk pencernaan. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pati just now

Welcome to TIMES Pati

TIMES Pati is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.