Ekonomi

Tiga Menteri Lepas Ekspor Produk Pertanian Jatim Senilai Rp140 Miliar

Jumat, 12 Maret 2021 - 13:58
Tiga Menteri Lepas Ekspor Produk Pertanian Jatim Senilai Rp140 Miliar Tiga Menteri Kabinet Indonesia Maju bersama Gubernur Jatim saat melepas ekspor produk pertanian senilai Rp140 miliar, Jumat (12/3/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMES PATI, SURABAYA – Tiga Menteri Kabinet Indonesia Maju melepas ekspor produk pertanian Jawa Timur senilai Rp140 miliar, Jumat (12/3/2021). Tiga Menteri tersebut yakni Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Mentri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi dan Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Erick Thohir.

Didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, tiga menteri tersebut melepas produk pertanian dengan nilai Rp140 miliar dari 32 jenis produk.  Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa 32 jenis tersebut diekspor ke 27 negara.

Ekspor Produk Pertanian Jatim 2

"Jumlah di seluruh Indonesia ada total di 52 pelabuhan dan berangkat hari ini di jam ini (12/3/2021 pukul 10.00). Jumlahnya ada Rp 1,2 Triliun," ujar Syahrul.

Syahrul mengatakan, ekspor hasil pertanian di Jawa Timur di tahun 2020 mencapai Rp549 triliun atau naik 15,4 persen dari tahun sebelumnya. Ia juga menyampaikan bahwa untuk pertama kalinya tiga menteri berjalan bersama-sama. Hal tersebut untuk mensinergikan ekspor di Indonesia.

"Bapak presiden bilang di masa pandemi dengan segala dampaknya tidak bisa satu sektor saja. Tidak bisa satu Menteri, Kita harus bersama-sama.  Menteri pertanian main di Hulunya, Mentri perdangan main di hilirnya dan Mentri BUMN di tengah-tengahnya," jelas Syahrul.

"Di pertanian itu ada budidaya ada pasca panen, ada pengolahan tapi ujungnya tidak punya arti jika tidak dijual," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi mengucapkan terima kasih atas pelepasan ekspor tersebut. Bahkan kata Lutfi,  saat ini kopi milik Indonesia adalah yang terbaik di dunia.

"Mudah mudah kita bisa berevolusi dari negara menjual barang mentah dan setengah jadi menjadi negara menjual barang industri dan industri bertekhnologi tinggi," ujar Lutfi.

Ia mengatakan bahwa di masa pandemi saat ini ekonomi harus kembali menggeliat. Perdagangan menjadi salah satu yang terpenting untuk menggeliatkan ekonomi.

Ekspor Produk Pertanian Jatim 3

"Surabaya adalah pusat perdangan barang setengah jadi yang ada di Indonesia Timur, semua perdangannya dari cengkeh, kopi semua ada di Jawa Timur, di Surabaya," terangnya.

Lutfi menyampaikan bahwa Kementerian Perdagangan akan memastikan barang-barang yang akan di ekspor dalam kondisi baik. Kerja sama dari tiga kementerian adalah bagian dari memastikan keberlanjutkan perekonomian di Indonesia sehingga perekomonian Indonesia pun akan kembali menggeliat. (*)

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pati just now

Welcome to TIMES Pati

TIMES Pati is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.