Berita

Siswi SMA Pradita Dirgantara Juara Lomba Science Fest Tingkat Nasional

Selasa, 06 April 2021 - 16:07
75.96k
Siswi SMA Pradita Dirgantara Juara Lomba Science Fest Tingkat Nasional Rosaline Cynthia F, Ratu Putri Dewi dan Felecia Tiffanny Hertada, siswi kelas X A SMA Pradita Dirgantara yang meraih prestasi di Science Fest Online di Bandung. (foto: SMA Pradita Dirgantara)

TIMESINDONESIA, BOYOLALI – Siswi SMA Pradita Dirgantara berhasil prestasi dalam Lomba Science Fest Online 2021 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Lomba Science Fest Online yang dimulai sejak bulan Februari 2021 ini mengangkat Tema “The Evolution of Technology”.

Terdapat 3 kategori yang dilombakan dalam Lomba Science Fest Online kali ini yaitu, Lomba Crime Scene Investigation, Lomba Essay, dan Lomba Kreatif terdiri dari lomba poster dan lomba short movie. Siswi Pradita Dirgantara memenangkan 2 diantara 3 kategori lomba yang ada. 

Rosaline Cynthia F, Ratu Putri Dewi, dan Felicia Tiffanny Hertada kelas X A mendapatkan peringkat 1 untuk lomba kategori IT bidang Crime Scene Investigation. Tim mereka menjadi tim terbaik dari total 52 Group Tingkat Nasional. Crime Scene Investigation merupakan kegiatan penyelidikan sebuah kasus yang bertujuan untuk mengungkap kebenaran.

Dalam Crime Scene Investigation, peserta akan melakukan analisis terhadap bukti-bukti yang ada untuk dapat memecahkan kasus yang diberikan dalam hal ini terkait tema utama “The Evolution of Technology”.

“Ada 3 tahap yang harus dilalui, tahap pertama kita diminta menginvestigasi kasus pencurian dan mengirimkan hasil presentasi. Setelah lolos kita harus mendapatkan clue clue untuk maju ke tahap selanjutnya," kata Felicia, Selasa (6/4/2021).

Felicia bercerita, di tahap ini, tim harus bisa memecahkan 3 puzzle yang berhubungan, dan harus mencari informasi siapa yang bohong dengan memakai lie detector.

Tahap selanjutnya, tim harus bisa memecahkan code menggunakan matematika, lalu mengacak huruf untuk dijadikan pertanyaan yang jawabannya memakai kode biner. Terakhir adalah memprediksi mana yang benar dari beberapa pernyataan. 

"Menurut kami tahap terakhir ini yang paling seru karena harus menyelesaikan teka teki hasil diskusi bersama team work kami. Setelah itu tahap berikutnya yaitu presentasi hasil investigasi pembunuhan dan ada juga clue clue dari tahap sebelumnya. Di tahap ini tinggal 10 kelompok dan kita harus presentasi dengan lebih mendalam serta logis,” ungkap Felicia.

Menurut Felicia, saat mengikuti lomba ini hal pertama yang harus dipersiapkan adalah mental dan harus berani berpendapat terutama dalam analisis crime scenenya. Selain itu, juga harus menyiapkan waktu dan niat yang besar karena mengikuti lomba ini dibutuhkan banyak waktu dan juga pikiran.

“Seru dan perlombaannya menarik, karena jarang ada lomba detektif seperti ini. Dan ternyata memang seru banget serta mendapat pengalaman baru," lanjut Felicia mewakili temannya yang lain.

Katagori lomba lain yang dimenangkan siswi Pradita Dirgantara adalah Lomba Kreatif bidang Lomba Poster.  Ratu Putri Dewi siswa kelas X A berhasil mendapatkan peringkat 3 dalam lomba yang diikuti sekitar 31 peserta dari seluruh Indonesia.

Ratu bercerita, waktu itu sempat ragu mengikuti lomba poster karena juga mengikuti lomba Crime Scene Investigation. Namun karena tema lomba posternya menarik, Ratu  beranikan diri untuk mendaftar lomba poster juga. 

"Saya memilih subtema evolution of technology in transportation. Ide yang saya angkat adalah bagaimana moda transportasi berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi. Sketching gambar saya memang cukup rumit. Dengan menggunakan aplikasi Procreat saya menggambar moda transportasi mulai dari kuda, kereta kuda, sepeda, kereta uap, motor/mobil, pesawat dan lainnya. Jadi menurut saya, lomba poster kali ini cukup beratn” ucap Ratu.

Pada kesempatan kali ini, Yohanes atau yang biasa dikenal dengan Pak Yo selaku guru pembimbing mengungkapkan harapan bagi siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara yang lain. 

“Jangan pernah takut untuk mencoba dan berusaha. Setiap hasil merupakan cerminan dari proses yang ada, mendapatkan hasil terbaik membutuhkan suatu proses belajar yang maksimal, berani mencoba, berani bertanya, tetap optimis  pasti bisa," ucap Pak Yo memotivasi siswa SMA Pradita Dirgantara(*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pati just now

Welcome to TIMES Pati

TIMES Pati is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.